Komitmen PLN Bersih Jelas Indonesia Mendukung

22 Oct 2013


Sejarah perjalanan PLN memang luar biasa karena berdirinya PLN di indonesia setelah indonesia merdeka yaitu pada tangga 27 Oktober 1945. Sebelumnya pada bulan September 1945 setelah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, perusahaan-perusahaan kelistrikan yang dikuasai jepang diambil alih oleh pemuda-pemuda Indonesia dan diserahkan pada Negara Republik Indonesia. Sehingga tanggal 27 Oktober 1945 oleh Presiden Soekarno dibentuk jawatan atau pelayanan kelistrikan dan gas.

Melihat dari sejarahnya PLN jelas Indonesia mendukung dengan penegasan komitmen PLN bersih dari korupsi dan suap begitu juga dengan para blogger yang menyambutnya dengan antusias.

PLN singkatan dari Perusahaan Listrik Negara yang di urus dari semua aspek kelistrikannya oleh BUMN [Badan Usaha Milik Negara]. Komitmen PLN bersih harus didukukung supaya tidak lebih meluas lagi praktek-peraktek yang ilegal. Korupsi memang tak pernah mati dan terus merajalela, karena kebanyakan orang berkomitmen “Adanya peraturan untuk dilanggar” sehingga tak sedikit orang yang melakukan korupsi dan keluar dari peraturan yang sudah di tetapkan. Apabila tidak ada perbaikan sistem atau perubahan peraturan atau komitmen maka yakin praktek ilegal [korupsi] makin meluas.

Dengan adanya penegasan komitmen PLN bersih maka kedepannya PLN akan lebih baik dan mengurangi tindakan korupsi atau suap karena inisiatif-inisiatif baru yang di buat PLN sangat membantu mulai dari sistem pelayanan yang transparan, merubah aturan pengadaan barang dan jasa, sistem penanganan keluhan pelanggan, membangun whistler blower system bagi karyawan PLN, memudahkan karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi, melakukan multi stakeholder forum (mitra PLN) dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suap dan korupsi. Sehingga dari poin-poin tersebut sangat mendukung menuju PLN bersih. Tak hanya itu pilar-pilar dari progam PLN bersih sendiri pun merupakan poin tambahan.

Jika melihat sebelumnya ketika maksimalnya proses pengadaan barang dan jasa memang sangat rentan dengan adanya korupsi tetapi komitmen PLN bersih merubah menjadi meminimalkan proses pengadaan barang dan jasa tersebut bahkan sampai pertemuan antara pelanggan dan pegawai PLN. Keluhan pelanggan pun sangat diutamakan sehingga diadakannya contact center melalui telepon [123] atau media sosial facebook [Official Fans Page PT. PLN (Persero) ]dan twitter [@pln_123 ]. Sehingga pelanggan bisa melaporkan dengan ketidak nyamanan pelayanan PLN atau ada pungutan-pungutan liar.

Komitmen PLN Bersih Jelas Indonesia Mendukung sehingga patuhi peraturan-peraturan yang sudah ditentukan. Mari semuanya mendukung PLN bersih.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_Listrik_Negara

http://akudanpln.blogdetik.com/tentang-pln-bersih-2/


TAGS komitmen PLN bersih dari korupsi inisiatif pln bersih sejarah PLN


-

Author

Follow Me