Bahaya Komputer Bagi Kesehatan

9 Jan 2013

Bahaya Komputer Bagi Kesehatan - Komputer adalah kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Baik untuk pekerjaan maupun untuk mencari hiburan. Selain itu komputer dan internet bisa mempermudah segalanya dan memiliki banyak efek positif.

1935a0b3719cbd0b5ad64c80459967f5_bahaya-komputer

Tapi dampak negatifnya juga tidak kalah besar antara lain memicu gangguan kesehatan. Nah, berikut beberapa gangguan kesehatan yang dipicu oleh penggunaan komputer diantaranya.

Sakit punggung

Hampir semua orang yang menggunakan komputer setiap hari selama berjam-jam pernah mengalami sakit punggung. Posisi duduk membuat beban yang cukup besar pada tulang pungggung Anda. Jadi, jika Anda duduk berjam-jam dan jarang berjalan atau berdiri risiko anda unutk mengalami sakit punggung sangat besar. Sebaiknya jangan duduk dengan posisi membungkuk dan usahakanlah berjalan setiap dua jam untuk menghindari sakit punggung.

Mata Kering

Berjam-jam di depan komputer bisa membuat mata kering, stres dan iritasi. Radiasi dari monitor juga bisa membuat penglihatan mengalami gangguan. Untuk itu, pastikan monitor komputer Anda dilengkapi dengan pelindung radiasi. Atur juga warna monitor agar tidak membuat mata tegang. Selain itu juga pengguna komputer cenderung lebih jarang berkedip (sekitar 7 kali/menit vs tingkat normal sekitar 22/menit). Hal ini menyebabkan penguapan air mata meningkat atau berkurangnya produksi air mata seiring dengan ketegangan dan kelelahan mata yang terus menatap monitor komputer.

Nyeri tangan

Banyak yang mengkhawatirkan komputer bisa memicu carpal tunnel syndrome, tetapi peneliti dari Harvard Medical School membantahnya beberapa tahun lalu. Walaupun begitu, penggunaan keyboard dan mouse dalam waktu lama bisa menyebabkan kesemutan, nyeri hingga mati rasa. Untuk menghindarinya, pastikan posisi keyboard dan mouse benar

Impotensi

Khusus bagi Anda yang bekerja menggunakan laptop, pastikan tidak secara langsung dipangku, karena dapat membunuh sperma. Maka dari itu, selalu gunakan alas untuk melindungi organ reproduksi Anda dari kerusakan atau jika dibiarkan terus bisa menjadi penyebab impotensi.

Gangguan Postur Tubuh

Pekerja kantoran harus bekerja selama 8-10 jam di kantor yang menandakan mereka harus duduk hampir seharian di depan komputer untuk bekerja. Kecenderungan membungkuk menyebabkan gangguan pada bentuk postur tubuh. Tekanan yang berlebihan bisa mengakibatkan tulang belakang melengkung ke depan yang berbentuk mirip huruf C.

Itulah bahaya komputer bagi kesehatan, memang main komputer maupun internet ini harus hati-hati dan siap dengan efek samping tersebut, jadi jagalah kesehatan supaya kesehatannya kebal sehingga efek dari bahayanya komputer bisa menolaknya. Semoga info ini sedikit menginformasikan dan bermanfaat.


TAGS Bahaya Komputer Bagi Kesehatan efek samping depan komputer komputer berbahaya bagi kesehatan


-

Author

Follow Me